Drip Irigasi Sederhana

Pengelolaan air serta Sumber Air dengan Drip Irigasi Sederhana merupakan suatu proses yang terpadu dari pengambilan air, penyaluran, pengaturan, pengaliran, dan pembagian, pemakaian dan pemberian air irirgasi yang aman untuk usaha pertanian dan pembuangan kelebihan air dari lahan pertanian dalam jumlah dan saat yang tepat, dengan tujuan meningkatkan produksi tanaman dan pemanfaatan air secara ekonomis dan lebih bermanfaat dalam kegiatan pertanian.

Drip Irigasi Sederhana

Prinsip pengolahan air merupakan tindakan yang bertujuan mengatur dan memelihara air agar tersedia dalam jumlah dan mutu yang menandai pada saat yang diperlukan. Pengelolaan air tidak hanya mencakup segi teknik saja melainkan juga segi ekonomi, sosial, kelembagaan dan aspek-aspek lain yang bersangkutan dengan keberhasilan pelaksanaan pembangunan dan sarananya. Dibidang penelitian, perencanaan, perancangan, kontruksi, pelaksanaan, pemeliharaan dan rehabilitasi dari sarana irigasi dan drainase.

Drip Irigasi Sederhana Cabai

Kita memandang penting pengolahan air karena disamping untuk menjaga ketersediaan air dimassa yang akan datang, maka ada kaitannya dengan pertanian. Kita perlu melakukan pengembangan sumber-sumber air dan pemanfaatannya secara menyeluruh, sehingga cadangan air yang ada dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisisen. Pengairan adalah suatu bidang pembinaan terhadap air, sumber air,  termasuk kekayaan alam dan hewani yang terkandung didalamnya, termasuk didalamnya yang diusahakan oleh manisia. Jadi pengolahan air sangat luas, tidak hanya terbatas untuk pertanian saja melainkan juga untuk mencukupi berbagai kepentingan hidup manisia dan mahkluk  hidup lainya.

Selang Pertanian

Drip Irigasi Sederhana Permukaan

Irigasi Permukaan merupakan metode sistem irigasi yang menyadap sumber air langsung di sungai, kemudian air irigasi dialirkan secara gravitasi melalui saluran sampai ke lahan pertanian. Disini dikenal saluran primer atau Induk dan sekunder, atau tersier. Pengaturan air ini dilakukan dengan pintu air.

Selang Drip Irigasi di bawah Mulsa

Manfaat irigasi permukaan Sawah atau Lahan Pertanian yang ada di sekitar sungai atau asal sumber air akan mendapatkan pengairan secara merata dengan air yang terus mengalir, masalah akan terjadi bila sungai yang mengaliri air ke sekitar sawah-sawah atau lahan-lahan pertanian mengalami surut air, sehingga air-air yang akan mengalir tidak akan merata sampai kesawah atau lahan pertanian yang letaknya di bawah, hanya sebagian atau lahan-lahanpertanian yang bagian atas saja yang akan mengalami pengairan. Metode irigasi permukaan dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu peluapan dan penggenangan bebas (tanpa kendali) serta peluapan penggenangan secara terkendali. Metode irigasi permukaan yang paling sederhana adalah peluapan bebas dan penggenangan. Air diberikan pada Lahan areal irigasi dengan jalan peluapan untuk penggenangan kiri dan kanan sungai yang mempunyai permukaan datar.

Drip Irigasi Sederhana dengan Tetes

Proses Pemberian air pada irigasi tetes dapat dilakukan dengan menggunakan alat aplikasi  yang dapat memberikan air dengan debit yang rendah dan frekuensi yang tinggi (kontinu dan terus-menerus) disekitar akar tanaman. Tekanan atau semburan air yang masuk ke alat aplikasi dan dikeluarkan dengan tekanan mendekati nol untuk mendapatkan tetesan yang terus menerus dan debit yang rendah. Drip Irigasi Sederhana dengan Tetes diklasifikasikan sebagai irigasi dengan tekanan rendah. Proses Irigasi Tetes, tingkat kelembaban tanah ada pada tingkat optimum, dapat dipertahankan.

Selang Plastik Irigasi Pertanian Tetes

Irigasi Tetes Sederhana mempunyai keunggulan dibandingkan dengan metoda irigasi lainnya, yaitu meningkatkan nilai ekonomis air, meningkatkan pertumbuhan tanaman dan hasil tanaman, meningkatkan efisiensi dan efektifitas pemberian pupuk, menekan resiko penumpukan garam, menekan pertumbuhan gulma, dan menghemat tenaga kerja manusia. Beberapa kelemahan dari irigasi tetes adalah memerlukan perawatan yang intensif, membatasi pertumbuhan tanaman, dan keterbatas.an biaya dan teknik.

Tetapi Kelemahan Irigasi Tetes, dapat ditutupi dengan Tingginya Tingkat Produktifitas dalam Drip Irigasi Sederhana.

Nilai Produktifitas Produksi Pertanian akan Tinggi jika, Selang Plastik sebagai Drip Irigasi Sederhana yang dipilih Selang Irigasi Tetes dengan Kualitas yang Tinggi, Terutama yang mempunyai Selang Plastik yang mempunyai Tingkat Ketahan yang lama, Ulet dan Kuat.

Pilihlah Selang Plastik Irigasi merk TIC TAS.

Hubungi: Bapak Adi Wijaya.

>>> WA: 0888-5672-168 <<<

Bagikan ini :