Drip Irigasi

Drip Irigasi merupakan cara pengairan tanaman yang tepat, karena penggunaan akan air akan lebih Efisien dan Efektif. Definisi Sistem Jaringan Irigasi Tetes sendiri adalah mengalirkan air dengan menggunakan pipa /  selang yang dialirkan kepada semua tanaman cabai. Dengan Sistem pengairan seperti itu, maka Produktivitas Tanaman cabe tidak perlu dikhawatirkan berdasarkan musim. Irigasi tetes ini hemat air, tidak mengenal musim, karena pada saat musim kemarau atau musim hujan airnya masih tetap mengalir karena airnya disimpan di tandon dan dapat diatur proses keluarnya secara cukup.

Diharapkan, melalui sistem Jaringan Irigasi Tetes, penanaman cabe tidak perlu mengenal musim, dapat meningkatkan produksi cabe petani dan dalam setahun dapat lebih dari satu kali panen. Cabe yang ditanam juga bersifat sangat ramah lingkungan karena kelompok tani selalu didorong untuk seminimal mungkin dalam penggunaan pupuk pestisida, sehingga tanaman yang dihasilkan aman untuk di konsumsi warga. Selain daripada itu, untuk memperbaiki proses produksi menjadi lebih ramah lingkungan sekaligus meningkatkan kualitas produk sesuai dengan standar.

Drip Irigasi untuk Budidaya Cabe

Teknologi Irigasi dapat secara otomatis untuk pengairan cabe. Teknologi ini menggunakan Pompa yang menyedot sumber air dari parit yang dibendung, lalu mengalirkannya ke tanaman. Pompa beroperasi  setiap pukul 7.00 dan 17.00. Teknologi Irigasi ini dapat menjadi solusi untuk kebun dan Lahan Pertanian yang pasokan airnya terbatas. Teknologi ini juga lebih praktis sehingga dapat meringankan kerja pekebun untuk penyiraman.

Memasang Selang Drip Irigasi

Sistem Jaringan Irigasi Tetes menggunakan Jaringan Pipa dan Selang Air dari bahan plastik. Penggunaan bahan ini dinilai lebih terjangkau daya beli petani. Jaringan Pipa tersebut dipasang di sisi luar Guludan dan Bedengan Tanaman Cabe.

Selang Drip Irigasi

Pipa tersebut kemudian disambung dengan Selang Plastik Hitam, tepat di tengah sepanjang bedengan. Kemudian, di setiap sela-sela tanaman cabai, selang plastik tersebut dilubangi ukuran kecil agar air mengalir ke arah akar tanaman cabai.

 

Selang Drip Irigasi di bawah MulsaSelang di bawah Mulsa Plastik

Sistem Drip Irigasi ini lebih Efisien dan Efektif dalam penggunaan Air. Pengairan dengan cara ini dapat dilakukan setiap dua hari sekali pagi dan sore hari , terutama saat kondisi tanah sudah cukup kering.

Sistem ini amat sangat cocok dikembangkan di lahan Pertanian yang kering atau tadah hujan, hemat air, tetapi pertumbuhan tanaman bisa maksimal.

Jika air mengalir tepat pada bagian akar, hasilnya akan jauh lebih efektif.

Pada Sistem Pengairan Biasa, hanya sekitar 10 persen air yang diserap akar tanaman. Sisanya, akan hilang karena evaporasi atau penguapan.

Petani bisa menerapkan sistem irigasi ini dengan baik dan diharapkan dapat juga menikmati hasilnya yang lebih produktif di segala musim, baik Hujan maupun Kemarau.

Dengan menggunakan sistem Drip irigasi tetes ini, petani hanya menambah biaya untuk membeli Pipa dan Selang Plastik Air. Biaya ini dinilai masih cukup terjangkau. Petani bahkan bisa menghemat biaya tenaga kerja manusia saat tahap penyiraman tanaman. Cara kerjanya sistem ini sangat praktis. Setelah semua Selang Plastik tersambung dan Lubang Selang diarahkan ke akar tanaman, Petani tinggal membuka aliran air melalui stop kran sentral. Tanaman siap diairi.

Fertigasi merupakan salah satu cara pemberian air Irigasi bersamaan dengan proses pemupukan. Fertigasi bisa dilakukan bersamaan dengan Drip Irigasi Tetes (drip irrigation) adalah cara pemberian air pada tanaman secara langsung baik pada permukaan tanah maupun di bawah permukaan tanah melalui proses tetesan secara kontinu dan perlahan. Melalui fertigasi pupuk akan dilarutkan ke dalam air kemudian secara bersamaan diberikan pada tanaman.

Mulsa merupakan material non-hidup yang digunakan untuk menutupi permukaan tanah yang memiliki fungsi untuk melindungi dari dampak hujan, menekan pertumbuhan gulma, suhu dan evaporasi. Umumnya mulsa yang digunakan oleh para petani yaitu mulsa polyethilen  karena kualitasnya bagus dan harganya murah.

Untuk Selang Plastik untuk Irigasi, bisa menghubungi:

Selang Plastik TetesSelang Irigasi 3 Inch

Bapak Adi Wijaya.

>>> Klik WA: 0888-5672-168 <<<

Bagikan ini :