Irigasi Tetes Semangka

Hasil panen buah semangka dengan menerapkan sistem irigasi tetes ternyata melebihi harapan dan sangat memuaskan.

Sistem Irigasi Tetes Semangka ini sendiri menggunakan Selang Plastik Drip yang dilubangi setiap 25 cm, kemudian selang ditempatkan di sepanjang lubang Mulsa pada tanaman semangka yang telah dibuat. Tujuan adan Manfaatnya selain pengairannya merata, teknik metode ini juga bisa menghemat pemakaian air dan menghemat tenaga kerja.

Penerapan cara menanam dengan sistem irigasi tetes dilakukan karena banyak tanaman yang ditanam dengan metode konvensional tapi karen kurang air hasilnya tidak memuaskan atau air tersedia tetapi tidak diserap secara efektif oleh tanaman.

Karena harapan untuk memperoleh hasil maksimal banyak hal yang harus dilakukan salah satunya adalah merubah pola dengan metode yang tepar.

Maksud dan tujuan irigasi sendiri adalah pemberian air pada lahan-lahan pertanian untuk memenuhi kebutuhan tanaman supaya tanaman dapat tumbuh dengan baik dan sesuai harapan.

Pemberian air (penyiraman) umumnya dilakukan pada musim panas atau kemarau, dimana kandungan air didalam tanah sangat sedikit karena tidak turun hujan dalam waktu yang cukup lama.

Terdapat banyak jenis sistem dan metode irigasi untuk diterapkan, sesuai dengan kedaan topografi, biaya investasi maupun teknologi yang tersedia. Salah satu sistem irigasi yang cukup baik untuk tanaman semangka adalah Sistem IRIGASI TETES.

 Maksud Irigasi Tetes Semangka

Sistem Metode irigasi tetes atau disebut juga dengan “Drip Irrigation” atau “Trickle Irrigation“. Prinsip kerja Irigasi Tetes yaitu air dialirkan melalui pipa utama dan diteteskan tepat di area perakaran tanaman melalui Selang Drip Irigasi  sepanjang jalur tanaman.

Drip Irigation yang dipakai adalah Selang Plastik jenis LDPE berbentuk Pipih warna Hitam, ukuran yang dipakai dengan Lebar Pipih 4 centimeter (atau setara dengan pipa Pralon PVC ukutan 3/4 inch).

 

Selang Plastik 4 Centimeter

Selang Irigasi Setara Pralon 3 / 4 inch

Selang Irigasi Tetes

Selang Irigasi Drip

 

Jarak Lubang pada Selang menyesuaikan dengan jarak tanaman yang akan diairi, dengan cara melubangi Selang Plastik dengan jarum kecil. Tekanan Air yang keluar dan cara keluar air dapat diatur dengan cara menempatkan Stop Kran pada sambungan Pipa Utama dan Selang Drip Irigasi.

Selang Drip Irigasi Tetes

Selang Plastik untuk Drip Irigasi ini, Harga nya lebih ekonomis tetapi kualitas nya baik dan tahan lama. Pakailah Selang Plastik yang mempunyai Kualitas handal dari Pabrik Selang Plastik yang Selalu Utamakan Mutu.

PT Hidup Baru Plasindo, Selalu Utamakan Mutu sejak 1982, sampai sekarang dengan memakai biji plastik murni dan campuran UV Stabilizer, sebagai tambahan agar Selang Plastik terjamin ketahanan terhadap Lingkungan yang panas dan dingin berganti silih berganti.

Selang Plastik Drip Irigasi

Aplikasi Sistem Irigasi Tetes Semangka pada Berbagai Jenis Tanaman

Sistem Selang Plastik Irigasi Tetes Semangka (Drip Irrigation) selain untuk Semagka dapat diaplikasikan pada berbagai jenis tanaman yang ditanam berderet dan memiliki nilai ekonomi tinggi atau diharapkan menghasilkan Produktifitas Tinggi. Hal ini karena harga perangkat drip irigasi membutuhkan investasi awal yang Lumayan Banyak tetapi dapat menghasilkan Nilai Produktifitas Lebih Tinggi dari investasi awalnya, sehingga dapat menutupi biaya penyusutan perangkat metode irigasi tetes.

Jenis-jenis tanaman yang dapat menggunakan Sistem Metode Irigasi Tetes Semangka dan memiliki nilai ekonomis tinggi antara lain semangka, paria, mentimun, kacang panjang (seprti yang saya terapkan ini), cabe, tomat, melon dan lain sebagainya.

Aplikasi sistem metode irigasi tetes ini akan sangat efektif dan efesien diterapkan pada saat musim kemarau atau musim panas, pada lahan datar, tanah kering dan persediaan air terbatas.

Sistem metode irigasi tetes ini, air dialirakan dengan menggunakan pompa atau memanfaatkan gaya grafitasi.

Sumber Air Sistem Irigasi Tetes Selang Drip Irigasi dengan Tandon Air

Biaya instalasi sistem Irigasi Tetes Semangka memang cukup tinggi. Tapi Mahal atau Murah relatif sifatnya, dari segi efesiensi sistem irigasi tetes tidak terlalu mahal, masih terjangkau, meskipun tidak bisa dibilang murah.

Diawal akan cukup terasa investasinya, namun dimusim tanam berikutnya kita tidak lagi memikirkan biaya instalasi sistem irigasi tetes. Apalagi Selang Plastik Drip yang dipakai awet, tahan lama dan dapat digunakan berbulan-bulan (bahkan bertahun-tahun kalau digunakan dan dirawat dengan baik).

Irigasi Tetes pada Tanaman Cabai

Hubungi:

Bapak Adi Wijaya.

>>> WA: 0888-5672-168 <<<

 

Bagikan ini :