Irigasi Tetes Tanaman Tomat

Selang Plastik Irigasi Tetes Tanaman Tomat (Drip Irrigation) merupakan salah satu sistem pengairan tanaman Tomat dengan menggunakan teknik yang dapat menghemat air dan pupuk dengan meneteskan larutan secara perlahan tetapi langsung pada akar tanaman. Sistem pengairan seperti ini yang kini mulai di terapkan oleh petani Tanaman Tomat.

Irigasi Tetes Tanaman Tomar

Pemilihan Sistem Irigasi yang tepat dapat menentukan keberhasilan pertumbuhan tanaman. Bagi tanaman, Pengaturan air sangat penting karena dari air juga yang mengontrol kebutuhan tanaman dan juga mengontrol ketersediaan oksigen dalam media di dalam perakaran.

Sistem Irigasi Tetes lebih aplikatif di tingkat petani dibandingkan dengan cara konvensional, karena investasi atau modal kerja yang di perlukan relatif tidak terlalu besar namun manfaat penghematannya cukup besar. Ada beberapa keuntungan yang didapat dari Sistem Irigasi ini jika menggunakan sistem irigasi tetes, diantaranya yaitu menghemat air. Dengan sistem irigasi tetes ini, kita bisa mengatur seberapa banyak air yang akan diberikan kepada tanaman sesuai dengan kebutuhan dan umur tanaman.

Kebutuhan Air pada Irigasi Tetes Tanaman Tomat

Irigasi Tanaman Tomat menghemat Air

Untuk Irigasi Tetes untuk Tanaman Tomat dengan umur satu minggu kebutuhan air hanya sekitar 100 mili liter per tanaman per hari, sedangkan untuk tanaman yang sudah besar dengan kondisi panas seperti pada musim kemarau biasanya tanaman tomat hanya mebutuhkan asupan air paling banyak satu liter dan pada musim penghujan seperti sekarang ini biasanya hanya kami beri air paling banyak 600 mili liter per tanaman per hari.
Selain Kebutuhan Air pada Irigasi Tetes untuk Tanaman Tomat, perlu juga lihat kondisi tanaman, jika pukul sebelas pagi tanaman tidak layu berarti pengairan sudah mencukupi, namun jika pada pukul sepuluh sampai pukul sebelas tanaman terlihat layu berarti air harus di tambah.

Keuntungan Irigasi Tetes Tanaman Tomat

Drip Irigasi Sederhana Cabai

Keuntungan dan Manfaat dari penggunaan sistem Irigasi Tetes Tanamn Tomat yaitu dapat mengurangi jumlah Tenaga Kerja Manusia dan otomatis dapat mengurangi biaya produksi yang biasanya digunakan untuk membayar Tenaga Kerja Manusia.
Contoh dari Jumlah Tenaga Kerja Manusia, Untuk mengairi Lahan Pertanian biasa membutuhkan lima orang tenaga kerja, namun dengan menggunakan sistem irigasi tetes cukup mempekerjakan 1 (satu) sampai 2 (dua) orang pekerja yang bertugas membuka kran untuk mengairi lahan.
Dengan menggunakan Sistem Irigasi Tetes, nutrisi atau pupuk bisa langsung di campur dan larutkan ke dalam air sehingga nutrisi tanaman juga bisa lebih dikontrol, kegitan yang bisa dilakukan sekaligus adalah Menyiram sekaligus memupuk.
Untuk mengurangi resiko infeksi penyakit terhadap tanaman lebih dipilih menggunakan air hujan yang sudah ditampung sebelumnya untuk mengairi tanaman daripada menggunakan air sungai yang dikhawatirkan telah terkontaminasi oleh bakteri maupun penyakit.
Tanaman Tomat merupakan tanaman yang mempunyai karakter kebutuhan air yang cukup tinggi namun tidak menyukai terlalu banyak air karena jenis perakarannya jika tergenang air sedikit saja akan mudah busuk.
Untuk media tanam, Tanaman Tomar lebih memilih media Cocopeat karena memiliki kelebihan, air tidak menggenang, media basah tapi rongga udara tetap ada sehingga akar bisa tetap mengambil oksigen. Selain daripada itu, kelebihan media cocopeat dapat dipakai kembali kurang lebih 3 (tiga) kali penggunaan siklus tanam.
Selang Drip Irigasi dengan Tandon Air
Pengolahan air merupakan salah satu usaha yang dilakukan untuk memanfaatkan air secara efektif dan efisien. Didalam pengelolaan air, bermacam-macam sistem dalam penyaluran air yang dapat dilakukan khususnya pada kegiatan pertanian, diantara sistem tersebut yang banyak dilakukan adalah dengan sistem Irigasi Tetes Tanaman Tomat. Dengan adanya Sistem Irgasi akan sangat membantu dalam penyediaan air pada kegiatan pertanian dan dapat memperlancar proses kegiatan budidaya tanaman pertanian Tomat. Sehingga penggunaan air pada kegiatan pertanian dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisein dimana tidak adanya air yang terbuang secara percuma dalam pemberian air.
Untuk Irigasi Tetes untuk Tanaman Tomat, dibutuhkan Selang Plastik, gunakan Selang Plastik yang berKualitas Tinggi, seperti Selang Plastik merk TIC TAS.
Untuk Selang Plastik merk TIC TAS, hubungi:
Bapak Adi Wijaya.
Bagikan ini :