Selang Drip Irigasi Tetes, WA: 0888-5672-168

Selang Drip Irigasi Tetes. Dalam teknik bercocok tanam, air dan pupuk adalah beberapa unsur penting yang harus ada dalam sebuah lahan pertanian. Namun yang kerap menjadi masalah adalah keberadaan air, yang tidak selalu ada di setiap lahan pertanian. Bagi Anda yang mempunyai masalah seperti ini, tidak perlu khawatir. Karena kini, Anda dapat menggunakan selang plastik untuk drip irigasi tetes. Irigasi Tetes salah satu metode di bidang Pertanian yang semakin banyak digunakan oleh para Petani. Irigasi merupakan penyediaan dan pengaturan air untuk memenuhi kebutuhan tanaman dengan meneteskan air di permukaan tanah. Penggunaan Irigasi Tetes dapat dikombinasikan dengan penggunaan Mulsa Plastik. Metode Irigasi Tetes menggunakan Selang Plastik, sangat efisen dalam menglokasikan air pada tanaman. Hal ini dikarenakan air yang dikeluarkan secara perlahan sedikit demi sedikit sehingga ada waktu untuk air menembus tanah, sehingga penggunaan air sangat efisien dan efektif. Oleh karena itu, dalam penggunaan jumlah air, Metode Irigasi Tetes lebih efisien dibandingkan penyiraman secara konvensional. Ketersediaan air bagi tanaman sangat penting bagi pertumbuhannya, begitu juga ketersediaan tambahan lain seperti pupuk.

Selang Drip Irigasi Tetes

Mengenal Selang Irigasi Tetes.

Yang dimaksud dengan Selang Irigasi Tetes sendiri, adalah sebuah selang yang mampu memberikan aliran air berikut pupuk secara teratur pada semua tanaman yang ada di lahan milik Anda. Hasilnya kelembaban pada tanah tetap dapat dipertahankan, dan sesuai dengan kebutuhan tanaman itu sendiri.
Umumnya selang seperti ini, terbuat dari bahan plastik jenis LDPE (Low Densiy Polyethylene) khusus yang dapat digunakan untuk sistem pengairan di lahan pertanian. Anda dapat meletakkan selang irigasi tersebut di permukaan tanah, tepat di atas bedengan di bawah Plastik Mulsa.

Selang Drip Irigasi Tetes dan Manfaatnya

Penggunaan metode pengairan menggunakan Selang Plastik dengan drip irigasi tetes seperti ini, tentunya mampu memberikan banyak manfaat untuk Anda, berikut adalah beberapa manfaat yang dimaksud :

• Mampu Menghemat Pemakaian Air dengan lebih maksimal. Terutama Anda yang lahan pertaniannya berada di kawasan sumber air terbatas, maka metode seperti ini, akan sangat direkomendasikan. Termasuk Anda yang mempunyai sumber air cukup dan melimpah juga dapat menggunakan teknik seperti ini.

• Selain bermanfaat untuk menghemat air, menggunakan teknik ini juga mampu Memberikan Pupuk secara Maksimal pada tanaman yang ada di lahan. Anda dapat mencampur air yang akan dialirkan dengan pupuk. Kemudian air yang sudah dilarutkan dengan pupuk itulah yang nantinya akan dialirkan ke seluruh lahan pertanian Anda, secara praktis, dan ekonomis.

• Dengan menggunakan selang seperti ini, air yang akan dialirkan akan jatuh tepat pada tanaman yang ada di ladang, bukan ke sembarang tempat. Kelak ini yang akan membantu memaksimalkan proses tumbuh kembang tanaman yang sedang ditanam.

• Dibandingkan dengan menyiram tanaman seperti umumnya, teknik seperti ini tentu akan jauh lebih efisien dan lebih Menghemat Tenaga, serta sumber daya manusia yang ada. Kegiatan penyiraman perlu perlu dilakukan setiap hari untuk menjamin tercukupinya kebutuhan air bagi tanaman. Kalau Lahan Pertanian Tanaman Besar, akan banyak membutuhkan waktu dan tenaga jika menggunakan cara metode penyiraman konvensional. Saat ini, Biaya yang dikeluarkan untuk Penyiraman Air dengan menggunakan Sumber Daya Manusia akan besar.

• Menggunakan teknik seperti ini, juga akan mempermudah Anda dalam mengatur kebutuhan air untuk tanaman yang ada.

Selang Drip Irigasi Tetes

Dengan menggunakan Teknologi Metode Irigasi Tetes, proses penyiraman akan menjadi mudah dan sederhana. Dengan bantuan Pompa Air, Air yang dari penampungan didorong menuju Lahan Pertanian dan langsung membasahi permukaan Lahan Pertanian di bawah Mulsa Plastik (kalau menggunakan Plastik Mulsa). Lama proses penyiraman pada metode Irigasi Tetes ini tergantung dari banyak faktor. Faktor itu antara lain, Luas Lahan Pertanian dan Daya Dorong Pompa Air. Selain Penyiraman, Irigasi Tetes dapat juga digunakan untuk memberikan dan mendistribusikan Pupuk kepada tanaman. Untuk Pupuk harus diperhatikan, untuk menggunakan Pupuk yang mudah larut  dalam air, agar tidak menyebabkan penyumbatan pada Selang Plastik nya.

Dengan proses pengaturan ini juga, maka proses tumbuh kembang tanaman akan semakin baik. Sama seperti manusia, tingkat kebutuhan nutrisi dan kebutuhan lainnya berbeda-beda. Termasuk pada tanaman, disini Anda dapat mengatur tingkat besar kecilnya tetesan air yang akan dialirkan. Agar aliran air dapat terus menetes, dan memenuhi tingkat kebutuhan air dan pupuk pada tanaman itu sendiri.

Harus diketahui bersama bahwa biaya awal Pembelian dan Instalisasi Selang Irigasi Tetes memang cukup besar. Tapi Biaya Besar ini dapat bertahan hingga lebih dari 2 sampai 3 siklus bahkan bisa sampai 2 tahun. Selain dapat bertahan hingga 2 (dua) Tahun, biaya besar yang dikeluarkan diawal pemasangan akan ditutup oleh hasil dari usaha tani yang dijalankan. Hal ini disebabkan oleh penggunaan Irigasi Tetes dapat mengurangi Biaya Tenaga Kerja Manusia untuk Menyiram dan Memupuk. Selain itu, penggunaan Irigasi Tetes dapat menambah efektifitas terpenuhinya kebutuhan Air bagi Tanaman Pertanian, maka Tanaman yang dihasilkan dapat meningkat yang sekaligus Pendapatan Hasil Usaha akan meningkat juga.

Keuntungan yang didapatkan dari budidaya tanaman menggunakan Drip Irigasi Tetes lebih tinggi dibandingkan tanpa menggunakan Drip Irigasi Tetes. Biaya Investasi Tinggi Drip Irigasi Tetes yang tinggi, dapat ditutup dari penghasilan tinggi yang didapatkan ketikan menggunakan Metode Teknologi Drip Irigasi Tetes.

Dari penjelasan yang telah dilakukan, dapat diambil sedikit kesimpulan bahwa penggunaan Drip Irigasi Tetes pada Lahan Pertanian perlu dipertimbangkan untuk dapat digunakan dan diterapkan, karena memiliki banyak keuntungan yang akan didapat jika menerapkan Selang Plastik Irigasi Tetes.

Jaringan Irigasi terdiri dari Selang Induk dan Selang Drip Irigasi Tetes. Selang Induk biasanya menggunakan Pipa PVC, tapi bisa diganti dengan Selang Plastik LDPE warna Hitam. Selang Plastik Drip Irigasi Tetes berbahan Plastik LDPE warna Hitam. Warna Hitam ini memiliki kelebihan, sulit ditembus cahaya matahari. Dengan tidak tertembus Cahaya Matahari akan menurunkan resiko adanya penyumbatan yang disebabkan oleh lumut maupun alga. Jika terjadi penyumbatan akan mengganggu kinerja Sistem Irigasi Tetes.

Salah satu selang drip irigasi tetes yang dapat Anda gunakan di pasaran adalah Tic Tas, harga produk ini sendiri di pasaran terbilang murah, namun kualitasnya tidak murahan. Hal ini terlihat dari kualitas plastik yang digunakan, dan hanya menggunakan bahan biji plastik murni. Selain itu, plastik ini juga terlihat lebih kuat dan tahan lama. Bahkan menggunakan plastik irigasi dari Tic Tas ini, juga dapat digunakan dalam 2 hingga 3 kali siklus penanaman.

diproduksi oleh:

Produsen Plastik, Hidup Baru Plasindo, Selalu Utamakan Mutu sejak 1982

Selalu Utamakan Mutu, sejak 1982

Informasi & Pemesanan:
Respon Cepat (Fast Respons) Silakan WA: 0888-5672-168

Klik di sini >>> https://wa.me/628885672168
Klik di sini >>> https://wa.me/628885672168
Klik di sini >>> https://wa.me/628885672168

Selang Plastik Geomembrane Plastik UV Greenhouse JEMPOL

Bagikan ini :