Selang Drip Pertanian

Pada Lahan Pertanian memerlukan Sistem Irigasi untuk Menjaga agar Pertumbuhannya Baik. Pengairan untuk Sayuran dan Buah biasanya memerlukan perhatian Intensif, karena sebagian besar bagian dari Tanaman Sayur РSayuran dan Buah РBuahan terdiri dari Air. Sistem Irigasi Tetes, merupakan Solusi untuk memberikan perhatian Intensif kepada Tanaman. Sistem ini memerlukan Selang Drip Pertanian yang berkualitas baik agar dapat bertahan Lama di Lahan Pertanian. Sistem ini akan Lebih Menghemat Cara Kerja Petani, karena Pengeluaran Air nya dapat dikontrol, baik Waktu dan Banyaknya Air yang keluar. Selain Air yang dapat dikendalikan,  Petani juga dapat memberikan Pupuk pada saat memberikan Air pada Lahan nya. Air dan Pupuk dapat dialirkan bersamaan ketika Penyiraman.

Selang Drip Pertanian

Cara Pemasangan Selang Drip Pertanian

Selang Drip yang berada dibawah Plastik Mulsa dialiri Air pada Ujungnya, aliri secara perlahan – lahan. Jika posisi Selang Drip sudah terisi Air secara merata dari Ujung ke Ujung, Lubangi Selang Drip Tepat pada Titik Titik Lubang pada Plastik Mulsa. Lubangi kecil saja dengan menggunakan Jarum, sehingga air akan keluar. Banyaknya air yang keluar dapat diatur di Ujung nya dengan menggunakan Stop Kran. Sistem ini akan sangat dirasakan manfaat nya pada Lahan Pertanian yang Luas, Kondisi Daerah yang Persediaan Air Terbatas, Sumber Tenaga Kerja yang Terbatas. Untuk dapat Mengalirkan Pupuk dengan menggunakan Sistem ini, biasanya harus menggunakan Tandon Air sebagai sumber Air yang nantinya akan mengalir ke Selang Drip ini.

Selang Drip Pertanian Tanaman Cabe

Keuntungan Menggunakan Selang Drip Pertanian

  1. Meningkatkan Nilai Guna Air, Secara umum air yang digunakan pada Irigasi Tetes relatif Sedikit, penghematan air ini terjadi karena pemberian air yang bersifat lokal dengan debit kecil.
  2. Meningkatkan keseragaman pertumbuhan  dan hasil tanaman. Pemberian air yang dilakukan sedikit demi sedikit, sehingga menunjang Pertumbuhan dan Produksi Tanaman.
  3. Mencegah Erosi dan memperbaiki Drainase Tanah, penyimpanan air di dalam tanah sangat efektif karena pemberian air disesuaikan dengan kedalaman yang dibutuhkan.
  4. Menekan pertumbuhan gulma, pada permukaan tanah yang kering gulma tidak dapat tumbuh, sehingga dapat menekan kerja penyiangan.
  5. Pemupukan dapat dilakukan melalui Irigasi.
  6. Menghemat Sumber Tenaga Kerja Manusia.

Teknologi Irigasi Tetes memiliki keunggulan Hemat Air dan Pupuk, karena distribusi Pupuk juga dapat dilakukan denga Selang Drip. Jika menggunakan Pupuk Butiran dilarutkan terlebih dulu, dengan komposisi takaran yang dianjurkan dan kemudian dicampurkan dalam penampungan air irigasi. Sangat dianjurkan untuk menggunakan Pupuk Cari Organik ataupun non organik.

Keunggulan Teknologi ini memungkinkan distribusi Air dan Nutrisi langsung ke Titik Tanaman. Keunggulan ini akan menghasilkan keseragaman pertumbuhan tanaman yang lebih baik dan lebih menjanjikan peningkatan produktifitas.

Jaringan Irigasi Tetes terdiri dari Selang Induk (Pada umumnya ukurannya lebih besar dari Selang Irigasi) dan Selang Irigasi. Penggunaan Irigasi Tetes mampu menekan penggunaan tenaga kerja penyiraman. Setelah menggunakan Irigasi Tetes, diharapkan waktu yang diperlukan untuk menyiram relatif lebih singkat dan petani dapat menggunakan waktu yang berlebih nya untuk melakukan hal lain yang bermanfaat untuk pengembangan pertaniannya. Penghematan Air, Pupuk dan Tenaga Kerja Manusia ini akhirnya dapat menekan Biaya Usaha Pertanian dan berdampak pada Keuntungan yang didapat Petani dapat lebih banyak.

Pada awal pemasangan Metode ini, kemungkinan akan mengeluarkan biaya, tetapi keuntungan yang diperoleh lebih besar dan nyata dari waktu ke waktu.

Tetapi yang harus dipastikan adalah Penggunaan Selang Drip, haruslah yang mempunyai Kualitas Baik, Kuar, Ulet dan Tahan Lama.

Untuk Selang Drip Pertanian pastikan memakai merk TIC TAS dengan spesifikasi Lebar 4 Centimeter (setara dengan ukuran Pralon 3/4 inch), Panjang 250 Meter, Tebal 200 micron.

Hubungi:

Bapak Adi Wijaya.

 

Bagikan ini :