Selang Irigasi Tetes, WA: 0888-5672-168

Selang Irigasi Tetes adalah selang yang digunakan untuk sistem irigasi sawah. Pada umumnya selang irigasi ini memberikan stok air pada tanaman dengan sistem tetes. Sistem ini dinilai efektif apabila digunakan pada saerah yang kekurangan air namun tanaman harus tetap memiliki suplai air yang memadai. Jika kemarau tiba biasanya jumlah air yang tersedia akan berkurang dan tanaman akan lebih banyak memerlukan air sehingga petani memilih untuk menghentikan aktivitas bertaninya, namun sebenarnya aktivitas bertani ini masih bisa dilakukan dengan sistem irigasi menggunakan.

Jual Irigasi Tetes TIC TAS

 

Selang Plastik Geomembrane Plastik UV Greenhouse JEMPOL

Selang Irigasi Tetes

Selang Irigasi Sawah saat kemarau sangatlah penting bagi kelangsungan tanaman pertanian, hal ini berhubungan dengan kesejahteraan tanaman dan kualitas tanah. Apabila kemarau tiba maka tanah akan lebih mudah kehilangan air karena adanya penguapan alami. Jika ini sampai terjadi pada waktu lama maka tanah akan kehilangan kegemburannya serta kadar oksigen yang semestinya berasal dari air (H2O) akan banyak hilang, sehingga tanah akan mudah padat dan tidak bisa ditanami. Dengan sistem irigasi menggunakan Selang Drip adalah solusinya, dengan air yang terbatas air akan tetap mengaliri tanah dan tanaman.

Selang Drip Irigasi Tetes akan teratur memberikan stok air kepada tanaman berupa tetes demi tetes sehingga tanah akan selalu basah dengan air.  Selang Untuk Irigasi Tetes ini biasa dilakukan untuk tanaman seperti cabai, tomat, terung, labu, melon, semangka dan lain sebagainya. Selain itu selang drip tetes juga digunakan untuk sistem irigasi sebagai stok air pada bibit tanaman besar. Selang drip irigasi ini biasanya terbuat dari bahan plastik. Warna yang tersedia di pasaran adalah warna hitam dan Selang Plastik Bening.

Selang Plastik Irigasi, WA 0888-5672-168

Kegunaan Selang Drip Tetes

  1. Menyirami tanah dan memberikan suplai Oksigen dalam tanah serta beberapa hal yang penting bagi Tanaman.
  2. Menguraikan garam tanah agar kadar garam dapat diturunkan
  3. Memberikan suhu yang pas bagi kelangsungan hidup tanaman
  4. Mencegah penggumpalan tanah
  5. Mengurangi erosi tanah
  6. Mempermudah melakukan penguraian gumpalan tanah
  7. Melunakkan tanah yang sudah terjadi penggumpalan.

Selang Plastik Geomembrane Plastik UV Greenhouse JEMPOL

Keuntungan Menggunakan Selang Drip Tetes sebagai Sistem Irigasi Masa Kini

Dengan menggunakan  selang drip sebagai sistem irigasi sangatlah menguntungkan. Hal ini merupakan solusi yang tepat bagi anda yang tetep ingin bertani pada daerah yang kekurangan air atau bertani saat kemarau tiba. Dengan menggunakan selang drip anda bisa menghemat tenaga untuk melakukan penyiraman terhadap tanaman yang jumlahnya banyak, anda hanya perlu mengontrol tekanan air dan memastikan air keluar sesuai dengan yang diinginkan tanpa menyirami satu per satu. Tanaman anda akan tetap mendapatkan suplai air dan menjaga kontur tanah agar tidak mudah rusak sehingga anda tidak perlu sering-sering mengecek keadaan tanah.

Selang Plastik Irigasi, WA 0888-5672-168

Selang Irigasi Tetes, Model nya:

Sekarang ini banyak sekali yang menjual selang drip tetes dengan berbagai kualitas dan harga yang bersaing. Berbagai tawaran memberikan kemudahan bagi para petani. Lalu apa sajakah jenis-jenis atau model dari selang drip tetes untuk sistem irigasi ini ?

  1. Model Selang Biasa Tanpa Lubang

Selang ini biasanya terbuat dari plastik. Selangnya tidak berlubang jadi pemakainya harus melubangi sendiri. Harganya lebih terjangkau. Lubang selang bisa disesuaikan dengan jarak antar tanaman. Jika antar tanaman jaraknya berbeda-beda bisa menggunakan selang model ini.

Selang Plastik Drip Irigasi Pertanian Tetes

  1. Model Selang Dengan Lubang

Model selang ini sudah memiliki lubang yang dibuat dari pabrik. Tentu karena tidak harus melubangi sendiri maka harganya akan lebih mahal dibandingkan selang biasa.  Kualitasnya pun juga bisa berbeda karena memang di desain khusus sebagai selang drip bukan selang biasa yang dilubangi sendiri.

  1. Model Selang Dengan Lubang Variasi

Model ini merupakan model selang yang sudah memiliki lubang dari pabrik. Lubang ini bervariasi dari mulai 20 cm, 30 cm, 60 cm, dst. Harganya lebih mahal dan bisa memberikan tetesan air yang seragam disetiap lubangnya.

Perlengkapan Irigasi Drip Tetes

 Perlengkapan berikut ini merupakan perlengkapan yang seharusnya dipersiapkan oleh petani sebelum memasang Selang Irigasi Tetes yang akan digunakan, yaitu :

  1. Pompa Air

Digunakan untuk memompa air menuju selang yang telah dipasang. Anda bisa memilih pompa air yang berkekuatan diesel karena dinilai lebih hemat karena menggunakan bahan bakar berupa solar.

  1. Selang Induk

Selang induk ini digunakan sebagai penyalur air dari sumber air ke selang drip. Pilihlah selang induk yang berkualitas agar tidak mudah rusak.

Selang Plastik Geomembrane Plastik UV Greenhouse JEMPOL

  1. Selang drip

Anda bisa memilih selang drip dari berbagai model yang sudah disebutkan di atas, namun akan lebih baik jika memilih selang dengan kualitas yang baik agar lebih awet.

  1. Offtake

Penghubung antara selang induk dengan selang drip. Offtake ini ada yang memiliki katup ada yang tidak. Jika anda memilih dengan katup maka anda bisa mengatur aliran air dan bisa menutupnya jika sudah tidak digunakan lagi.

  1. Elbow

Penghubung antara selang drip yang digunakan untuk membuat selang agar bisa berbelok. Karena keadaan lahan dan ruas tempat penanaman tidak lurus dan menjadi satu, maka anda butuh alat ini untuk membelokkan aliran air dan menyatukan beberapa selang menjadi satu aliran air.

  1. Filter

Filter ini memiliki fungsi untuk mencegah tanah menyumbat aliran air. Karena selang berada di atas tanah bisa jadi permukaan tanah yang terkena air akan terurai dan masuk ke dalam aliran selang sehingga menyumbat aliran. Jika sampai tidak mengalir tanaman akan mati. Sehingga fungsi filter ini adalah mengatasi hal tersebut.

  1. Joiner drip

Penghubung selang apabila selang terlalu pendek atau selang mengalami kerusakan.

  1. End plug

Penutup aliran air pada ujung selang

Cara Memilih Selang Drip yang Baik dan Benar

Karena anda tidak hanya akan menggunakannya sekali atau dua kali ada baiknya jika anda memilih selang drip yang berkualitas tinggi. Walaupun sama-sama terbuat dari plastik anda juga harus pintar  memilih selang dengan bahan plastik yang berkualitas. Dengan selang yang awet anda bisa menghemat biaya dalam melakukan aktivitas bertani anda dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Pilihlah merk Selang Drip Tetes yang sudah terkenal dan terjamin kualitasnya seperti merk Tic Tas yang menggunakan bijih plastik murni sebagai bahan pembuatannya sehingga lebih awet dan bisa anda gunakan lebih lama.

Kelebihan lain dari merk TIC TAS adalah memiliki kekuatan yang tinggi terhadap perubahan cuaca dan menyesuaikan keadaan lahan. Dari segi ekonomis merk Tic Tas ini jauh lebih murah dibanding merk lainnya. Memberikan kualitas dan mutu yang terjamin. Jika biasanya anda menggunakan selang hanya satu kali siklus, dengan merk Tic Tas, Selang Irigasi Tetes anda bisa menggunakan selang ini 2 sampai 3 siklus pertanian jadi tidak perlu berkali-kali ganti selang.

Selang Plastik Irigasi TIC TAS, diproduksi oleh:

 

Produsen Plastik, Hidup Baru Plasindo, Selalu Utamakan Mutu sejak 1982

Selalu Utamakan Mutu, sejak 1982

Informasi & Pemesanan:
Respon Cepat (Fast Respons) Silakan WA: 0888-5672-168

Klik di sini >>> https://wa.me/628885672168
Klik di sini >>> https://wa.me/628885672168
Klik di sini >>> https://wa.me/628885672168

Selang Plastik Geomembrane Plastik UV Greenhouse JEMPOL

Bagikan ini :