Selang Plastik Irigasi, WA: 0888-5672-168

Selang Plastik Irigasi – Irigasi merupakan suatu pemanfaatan air dengan menyediakan cairan pada permukaan tanah guna pertumbuhan tanaman tertentu. Dengan sistem irigasi, setiap jumlah kebutuhan air pertanian bisa dikelola dengan mudah. Untuk melancarkan sistem irigasi pertanian, maka akan diperlukan beberapa media pendukung irigasi. Salah satu yang paling penting ialah Selang Plastik untuk Irigasi. Apakah Anda salah satu yang membutuhkannya? Sebagai referensi mendapatkan selang irigasi terbaik, WA: 0888-5672-168 , untuk detail lebih lanjut silakan simak detail informasi seputar selang irigasi yang berhasil kami rangkum berikut ini!

Selang Plastik Irigasi

Selang Plastik Irigasi, manfaatnya:

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan selang irigasi dari plastik, seperti memberi air ke dalam permukaan tanah untuk pertumbuhan tanaman, membantu menetralkan suhu tanah dan atmosfer yang baik sehingga menghasilkan lingkungan yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh.  Tidak hanya itu, selang plastik juga bermanfaat untuk mengurangi bahaya dari pengerasan tanah yang tidak baik untuk beberapa kebutuhan tertentu. Selang plastik untuk irigasi juga digunakan untuk melarutkan garam sehingga efektif meminimalkan kandungan garam yang terkandung di dalam tanah serta membantu mengurangi risiko erosi tanah. Penggunaan selang irigasi plastik juga sangat bermanfaat untuk kemudahan pembajakan dan gumpalan tanah yang keras. Dengan perairan menggunakan selang, maka tanah menjadi lebih lunak dan sistem pembajakan bisa menghasilkan kualitas tanah yang bagus.

WA 0888-5672-168

Singkatnya. Irigasi menjadi upaya setiap manusia dan petani yang ingin mengairi lahannya. Dalam dunia modern, ada berbagai jenis irigasi yang mulai dilakukan manusia. Sangat berbeda dengan zaman dahulu, di mana air akan berlimpah dan tumbuhan akan bagus pada daerah yang dekat dengan sumber mata air saja. Saat ini semua petani bisa memperoleh hasil tanaman yang bagus dengan memanfaatkan selang irigasi. Selang irigasi terbaik siap digunakan untuk memasok kebutuhan air tanaman, menjamin ketersediaan air saat kekeringan, membantu menurunkan suhu tanah, mengurangi kerusakan karena frost serta membantu melunakkan lapisan tanah yang keras pada saat proses pengelolaan tanah sesuai kebutuhan.

Selang Plastik Irigasi, WA 0888-5672-168

Jenis-Jenis Irigasi yang Bisa Dikelola dengan Selang Plastik

Pemberian air irigasi pada dasarnya bisa dilakukan dengan lima cara, melalui penggenangan, menggunakan alur besar atau kecil, menggunakan air di bawah permukaan tanah atau sub irigasi, melalui penyiraman dan melalui sistem curahan. Hanya saja, tidak semua sistem pemberian air irigasi tersebut bisa dilakukan menggunakan selang irigasi plastik. Hanya terdapat beberapa jenis irigasi yang bisa diberikan air menggunakan selang irigasi yang tepat. Sebagai informasi tambahan, berikut ini beberapa jenis irigasi yang bisa dilakukan menggunakan selang irigasi, yaitu:

  • Irigasi permukaan

Jenis irigasi pertama yang bisa dikelola menggunakan selang irigasi pertanian ialah irigasi permukaan. Irigasi jenis ini merupakan salah satu sistem irigasi yang menggunakan air langsung dari sumber mata air sungai melalui bangunan bending ataupun melalui pengambilan bebas. Kemudian air tersebut akan dialirkan secara gravitasi sehingga mengalir dari saluran selang hingga tiba pada lahan pertanian. Pada jenis irigasi ini juga dikenal dengan istilah saluran primer, sekunder dan saluran tersier, di mana pengaturan air akan dilakukan pada pintu masuknya air. Proses pengairannya tetap gravitasi, di mana tanah pada posisi yang lebih tinggi akan memperoleh aliran air terlebih dahulu dan diikuti oleh tanah di ketinggian yang lebih rendah.

  • Irigasi lokal

Selanjutnya ada jenis irigasi lokal yang menggunakan sistem distribusi air cara pipanisasi. Pada proses pengairan pipanisasi pun juga menggunakan irigasi gravitasi, di mana lahan yang berada di posisi lebih tinggi akan memperoleh air terlebih dahulu dan diikuti oleh lahan yang berada di posisi yang lebih rendah. Hanya saja, pada jenis irigasi lokal air yang hendak disalurkan terbatas sekali dan hanya disediakan untuk daerah lokal saja. Jika Anda membutuhkan pengairan pada lahan tertentu, maka sangat tepat menggunakan jenis selang plastik lokal.

  • Irigasi penyemprotan

Selain jenis irigasi permukaan dan irigasi lokal, ada pula jenis irigasi penyemprotan. Jenis irigasi yang satu ini biasanya memenuhi kebutuhan air lahan dan tanaman dengan menggunakan penyemprot air atau sprinkler. Air pada saluran akan disemprotkan seperti kabut sehingga tanaman-tanaman yang membutuhkan air akan menerima air dari atas secara merata. Permukaan daun yang pertama kali basah dan kemudian akan menetes menjalar ke bagian akar tanaman. Meskipun tidak semua tanaman bisa diairi menggunakan irigasi jenis ini, akan tetapi beberapa jenis tanaman yang memerlukan sedikit air akan sangat cocok menerapkan irigasi penyemprotan.

  • Irigasi pompa air

Di urutan berikutnya ada irigasi pompa air, di mana air akan diambil dari sumur dan kemudian dinaikkan menggunakan pompa air. Air yang telah dinaikkan bisa dialirkan menggunakan berbagai cara, baik menggunakan saluran maupun pipa. Biasanya saat memasuki musim kemarau, irigasi pompa air menjadi andalan para petani karena bisa mengairi sawah secara terus- menerus dengan catatan sumber mata air utama masih bisa digunakan.

  • Irigasi tetes atau irigasi tanah kering

Pada kondisi lahan kering, jelas ketersediaan air sangat langka sehingga pemanfaatannya pun harus dilakukan secara efisien. Biasanya jumlah air irigasi yang diberikan pada suatu lahan akan tergantung pada kebutuhan tanaman, kemampuan tanah mengelola air serta sarana irigasi yang tersedia. Dalam sistem irigasi tetes atau tanah kering terdapat beberapa sistem yang digunakan petani. Irigasi tetes bisa dilakukan menggunakan selang plastik tetes. Irigasi jenis ini bisa dilakukan dengan cara melubangi selang plastik pada titik-titik tanaman yang hendak dilewati silang, misalnya pada pengairan tanaman cabe.  Untuk melancarkan irigasi tanah kering, ketersediaan sumber air sangat penting. Maka dari itu, ada baiknya Anda mencari potensi sumber air irigasi dengan cara mendeteksi air bawah tanah. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengetahui informasi sebaran, volume hingga kedalaman sumber air.

Untuk memperoleh pengairan irigasi yang tepat, pastikan Anda menggunakan selang plastik yang tepat pula. Saat ini ada berbagai jenis selang plastik untuk irigasi yang beredar di pasaran dan tersedia secara online maupun konvensional. Baik jenis selang plastik ukuran besar maupun jenis selang plastik kecil, semuanya bisa Anda dapatkan dengan mudah dari penyedia jasa terpercaya. Pastikan Anda memilih selang plastik yang berkualitas baik, ulet, kuat dan tahan lama. Salah satu yang terbaik datang dari brand Tic Tas. Tic Tas menawarkan produk selang plastik terbaik yang diproduksi menggunakan bahan biji plastik murni.

Selang Plastik Irigasi, WA 0888-5672-168

Material berkualitas ini membuat produk selang irigasi plastik Tic Tas dipercaya lebih kuat dengan daya tahan yang lebih lama. Penggunaan selang plastik Tic Tas juga membuat Anda menghemat karena daya tahan lama bisa mengurangi biaya pemasangan saat terjadi kerusakan. Menariknya lagi, selang plastik Tic Tas juga bisa diperoleh dengan  harga murah lho. Jika produk selang dari brand lainnya menawarkan biaya murah, namun Anda hanya bisa menggunakan 1 siklus saja. Berbeda dengan Tic Tas yang menyediakan selang plastik irigasi harga murah dan bahkan Anda berkesempatan memperoleh hingga 3 siklus untuk pengairan tanaman.

Informasi dan Pemesanan:

Hubungi: Bpk. Adi Wijaya

PT Hidup Baru Plasindo

WA: 0888-5672-168

Selang Plastik Irigasi, WA 0888-5672-168