Selang Plastik PE, WA: 0888-5672-168

Selang Plastik PE adalah Selang yang dibuat dari bahan Plastik jenis LDPE (Low Density Polyethylene) yang biasa disebut secara singkat dengan PE. Selang jenis ini biasanya digunakan untuk metode Irigasi pada pertanian. Metode ini membuat pekerjaan Petani menjadi lebih efektif dan efisien.

Selang Plastik PE

Selang Plastik PE dan Manfaatnya.

Selang dalam Pertanian, mempunyai manfaat:

  1. Memberi Air dan Nutrisi untuk Tanaman. Kebutuhan tanaman adalah Air sebagai sumber kehidupan dan Nutrisi sebagai asupan tamban agar pertumbuhan tanaman dapat lebih cepat dan produktif.
  2. Menghemat Sumber Daya Manusia. Pekerjaan yang selama ini dikerjakan secara manual oleh manusia dalam memberi air dan nutrisi dapat digantikan dengan instalasi selang yang dipasang sepanjang jalur tanaman.

Penggunaan Air dan Nutrisi dapat lebih terfokus pada titik-titik tanaman sehingga lebih menghemat dalam penggunaannya.

Penggunaan Selang Plastik ini dapat digabungkan dengan pemakaian Mulsa Plastik. Gabungan dari Selang Plastik dan Mulsa Plastik menjadi suatu perpaduan yang sangat luar biasa, sehingga hasil dari tanaman dapat semakin produktif.

Selang Plastik Irigasi

Metode Irigasi dengan Selang Plastik Irigasi jenis PE ini, paling efisen dalam menglokasikan air dan / atau nutrisi pada tumbuhan dan Lahan Pertanian. Dikatakan paling efisien air dan / atau nutrisi disebabkan air dan / atau nutrisi yang dikeluarkan secara perlahan dan sedikit – sedikit. Dengan maksud agar ada  waktu untuk air menjebol tanah. Pemakaian air dan / atau nutrisi sangat tepat guna dan efektif. Dibanding dengan sisem konvensional, metode pemakaian selang dari Plastik untuk Irigasi ini lebih efisien.

Kegiatan penyiraman dilakukan setiap hari, dikerjakan setiap pagi dan sore untuk terpenuhinya kebutuhan air dan nutrisi. Kalau Lahan masih kecil mungkin tidak akan terasa, tetapi jika Lahan semakin besar, akan membutuhkan perhatian khusus untuk mengerjakan kegiatan penyiraman ini. Semakin Lahan semakin besar akan menjadi masalah tersendiri jika penyiraman dilakukan dengan cara metode konvensional, karena akan membutuhkan Sumber Daya Manusia yang tidak sedikit, dan tidak menutup kemungkinan akan membutuhkan waktu yang lama dalam melakukan kegiatan ini.  Biaya untuk melakukan pekerjaan ini tidaklah sedikit, baik biaya tenaga kerja. Tetapi coba bayangkan, jika kegiatan ini memakai metode selang Irigasi Pertanian , tenaga kerja manusia yang melakukan kegiatan ini dapat diminimalkan sekali dan menjadi gampang sekali dan sederhana. Bahkan tidak menutup kemungkinan hanya membutuhkan orang untuk membuka dan menutup aliran air atau nutrisi yang akan disalurkan ke tanaman.

Gambaran Teknis Proses Kerja irigasi dengan Selang Plastik PE

Air yang dialirkan untuk Irigasi dapat dialirkan dengan 2 macam cara, yaitu,

  1. Gravitasi. Air dari sumber air dialirkan dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah.
  2. Pompa Air Listirk atau Diesel. Lokasi sumber air dimanapun tempatnya bisa menggunakan cara ini.

Air dari sumber air didorong mengarah ke lahan pertanian dan langsung mengairi permukaan lahan pertanian, tepat pada titik – titik tanaman. Lama proses penyiraman dengan metode ini tergantung dari, Luas Lahan Pertanian dan Daya Dorong Pompa Air.

Metode Irigasi dengan menggunakan Selang Plastik meningkatkan pendapatan usaha Petani

Untuk diketahui bersama bahwa biaya awal untuk pembelian dan instalisasi Selang Irigasi memang tidak sedikit. Tapi investasi biaya besar ini bisa bertahan sampai lebih dari 2 – 3 siklus tanaman bahkan ada yang lebih tergantung perawatan dari selang plastiknya. Biaya besar diawal tetapi dapat menghemat pengeluaran lain, seperti biaya tenaga kerja yang kalau dijumlahkan selama 1 siklus bahkan 2 – 3 siklus biaya tenaga kerja ini bisa berlipat-lipat lebih besar dibanding dengan biaya pembelian dan instalasi selang plastik untun irigasi. Bahkan hasil tanaman akan lebih produktif dan mempunyai nilai jual tinggi, karena metode irigasi dengan selang ini air dan nutrisi diberikan secara tepat pada titik tanaman. Sehingga keuntungan Petani dapat lebih besar dibanding dengan menggunakan metode konvensional. Biaya investasi yang relatif lebih tinggi, dapat diblokir dari pendapatan lebih produktif yang diperoleh ketika memakai metode teknologi Irigasi. Kesimpulannya bahwa sistem Irigasi pada lahan pertanian harus dipertimbangkan guna dapat dipakai dan diterapkan. Jaringan Irigasi terdiri dari Selang Irigasi Induk dan Selang Drip Irigasi Tetes.

Selang Plastik Irigasi 3 inch

Selang Induk menggunakan Pralon PVC, tapi dapat diganti dengan Selang Plastik LDPE warna Hitam. Selang Plastik PE TicTas berbahan Plastik LDPE warna Hitam. Warna Hitam alami ini mempunyai kelebihan, sulit dimasuki cahaya matahari. Dengan tidak tertembus sinar matahari bakal menurunkan resiko adanya penyumbatan yang diakibatkan oleh lumut maupun alga. Jika terjadi penyumbatan bakal mengganggu kinerja sistem Irigasi Tetes. Untuk meyakinkan Selang Plastik berbahan LDPE dan Selang Plastik Drip Irigasi Tetes, pastikan memakai Selang Plsatik merk TIC TAS Kualitas yang baik, Kuat, Ulet sampai-sampai dapat bertahan lama.

diproduksi oleh:

Produsen Plastik, Hidup Baru Plasindo, Selalu Utamakan Mutu sejak 1982Selalu Utamakan Mutu, sejak 1982

Informasi & Pemesanan:
Respon Cepat (Fast Respons) Silakan WA: 0888-5672-168

Klik di sini >>> https://wa.me/628885672168
Klik di sini >>> https://wa.me/628885672168
Klik di sini >>> https://wa.me/628885672168

Selang Plastik Geomembrane Plastik UV Greenhouse JEMPOL

 

Bagikan ini :