Selang Plastik Pertanian

Air merupakan salah satu sumber daya yang sangat dibutuhkan untuk keperluan Pertanian.

Dalam Bahasa Jawa disebutkan:

” Toya meniko kangge panggesanganipun sedaya titah, manungso utawi tuwuhan. Tanpo Toya sedaya mboten  saget gesang “.

Jadi Air merupakan kebutuhan pokok semua makhluk hidup. mempunyai sawah atau tegal apabila tidak ada air tidak akan ada hasil apapun.

Lahan Pertanian, Sawah atau Tegal, harus dialiri Air. Kalau Jarak antara Sumber Air ke Lahan Pertanian Dekat, tidak akan ada masalah, masalah akan terjadi jika jarak nya jauh.

Selang Plastik Pertanian dapat menjadi Solusi yang ideal dari masalah jauh nya jarak dari Sumber Air ke Sawah, Tegal atau Lahan Pertanian.

Selang Plastik Pertanian

Manfaat Selang Plastik Pertanian

  1. Mengalirkan Air dari Sumber Air ke Lahan Pertanian.
  2. Mengefisien dan efektifkan menggunakan Sumber Daya Tenaga Manusia.
  3. Mengefektifkan Penggunaan Air, sehingga Air yang tersedia dapat dioptimalkan.

Cara Kerja Selang Plastik Pertanian pada Irigasi Selang

Memompa Air ke Penampungan Air ( water torn ) setinggi 3 (tiga) meter dan mengalirkan ke tanaman dengan perantara Selang Plastik sebagi Selang Induk dan Selang Irigasi Plastik yang dilubangi dengan jarak yang sesuai dengan jarak antar titik tanaman. Penyiraman dilakukan biasanya dilakukan 2 (dua) kali dalam sehari, pagi dan sore hari selama kurang lebih 10 (sepuluh) menit sampai dengan 20 (dua puluh) menit, tergantung fase pertumbuhan tanaman. Sistem Tekanan air rendah ini menyampaikan air secara lambat dan akurat ke titik – titik tanaman, tetes demi tetes.

Metode pengairan dengan Selang Plastik Pertanian Irigasi ini dilakukan dengan instalasi jaringan Pipa Air dengan menggunakan Pralon PVC (Poli Vinil Chlorida) atau bisa juga dengan menggunakan Selang Plastik LDPE pada tiap bedengan tanaman. Komponen Utama terdiri dari Pipa Pralon dan Selang Irigasi, Pompa Air dan Tandon Air. Pipa Pralon PVC sebagai Pipa Induk (1,5 inch / 2 inch / 3 inch ), dan Selang Irigasi 4 centimeter (setara Pralon 3/4 inch) sebagai Selang Tetes. Selang Irigasi diarahkan sepanjang tanaman dan diberi lubang sesuai dengan titik – titik tanaman. Pengairan dan Penyiraman dilakukan sebanyak 2 (dua) kali dalam sehari, pagi dan sore dengan lama penyiraman selama 10 (sepuluh) menit, pada fase pembungaan, fase pembuahan selama 11 (sebelas) menit dan fase panen selama 12 (duabelas) menit.

Selang Plastik Irigasi PertanianSelang Plastik Irigasi Pertanian Tetes

Dibandingkan dengan penyiraman dengan sistem semprot yang memerlukan jumlah air yang cukup banyak, sistem pengairan Sistem Irigasi ini lebih sangat amat hemat air. Sistem semprot membutuhkan air yang sangat amat banyak sementara tanah tidak diberi waktu yang cukup untuk melakukan penyerapan air. Dan pada Akhirnya air akan lolos di permukaan yang mengakibatkan erosi pada tanah. Sistem Irigasi dengan Selang Plastik pada Pertanian ini tidak akan membuang – buang  air secara berlebihan, sehingga tidak menyebabkan erosi dan sedikit air yang menguap sehingga cukup dapat menghemat air. Air akan memiliki cukup waktu untuk menyerap ke dalam dan secara kapiler ke seluruh area perakaran.

Demikian juga dengan kebiasaan petani yang melakukan penyiraman tanah dengan Gembor yang biasanya berkapasitas 15 (Lima Belas) liter, yang dilakukan sebanyak 2 (dua) kali dalam sehari. Satu gembor yang digunakan untuk menyiram 6 (enam) sampai dengan 7 (tujuh) tanaman. Air yang digunakan untuk menyiram tanaman perbatang adalah 15 (lima belas) setiap 7 tanaman sehingga per 1 (satu) batang tanaman menerima 2,14 (dua koma empat belas) liter. Sedangkan kebutuhan air bagi tanaman cabai masing – masing fase pertumbuhan berbeda, agar air yang digunakan dapat secara optimal maka irigasi harus diatur sesuai dengan kebutuhannya.

Dari beberapa contoh diatas, Penggunaan Selang Plastik Pertanian, sangat membantu dan meningkatkan Hasil Produksi Pertanian. Penggunaan Selang Plastik Pertanian ini dapat sebagai Selang Induk ataupun Selang Tetes.

Selang Plastik Pertanian pada Lahan Tanam

Untuk Kebutuhan Selang Plastik untuk Pertanian dan Selang Irigasi Tetes, Hubungi:

Bapak Adi Wijaya.

WhatsApp (WA)

 

Bagikan ini :