Irigasi Tetes Tanaman Cabai

Tanaman Cabai tergolong tidak tahan terhadap kondisi air yang terlalu tinggi oleh sebab itu pasokan cabai pasti menurun saat musim penghujan tiba, tetapi bukan berarti tanaman cabai tidak perlu air, Melainkan Tanaman cabai membutuhkan Air yang cukup. Dari Keadaan ini, para Petani memerlukan langkah yang tepat untuk mengantisipasi turunnya pasokan cabai.

Budidaya cabai dengan cara yang tepat dengan menggunakan varietas unggul, pengolahan lahan sampai dengan pemupukan mampu memproduksi hasil yang tinggi. Namun ada beberapa cara khusus untuk lebih bisa meningkatkan hasil dalam budidaya tanaman cabai agar mendapat keuntungan yang lebih tinggi. Irigasi Tetes Tanaman Cabai, merupakan Metode yang Efektif untuk dapat meningkatkan Produktifitas Tanaman Cabai.

Irigasi Tetes pada Tanaman Cabai

Irigasi Tetes Tanaman Cabai Merupakan Cara Pemberian Air yang Baik

Irigasi tetes merupakan cara Memberian air dengan jalan meneteskan air melalui Selang Irigasi disekitar Tanaman atau sepanjang bedengan  tanaman. Sebagian dari daerah perakaran yang terbasahi tetapi seluruh air yang ditambahkan dapat diserap dengan baik pada keadaan kelembapan
tanah rendah. Keuntungan cara ini adalah penggunaan air irigasi yang sangat efisien dan Efektif. Tingkat Nilai ekonomis air dengan menggunakan irigasi tetes lebih baik dibandingkan dengan irigasi permukaan.

Irigasi Tetes pada Tanaman Cabai di bawah Mulsa

 

Tanaman cabai merupakan tanaman yang sensitif terhadap kelebihan ataupun kekurangan air. Jika tanah menjadi kering dengan kadar air di bawah batas, maka tanaman akan kurang mengabsorpsi air karena kekurangan air sehingga menjadi layu dan lama kelamaan akan mati. Sebaliknya, ternyata pada tanah yang banyak mengandung air akan menyebabkan aerasi tanah menjadi buruk dan tidak menguntungkan bagi pertumbuhan akar, akibatnya pertumbuhan tanaman akan kurus dan kerdil.  (Aerasi tanah adalah kelancaran pergerakan atau pertukaran udara didalam tanah. Didalam tanah yang baik terdapat ruang-ruang (pori-pori) yang seharusnya terisi oleh udara yang disebut sebagai pori makro. Aerasi tanah berkaitan secara langsung dengan porositas tanah, perkembangan akar dan kesuburan tanah) Kebutuhan Air untuk tanaman cabai akan
meningkat seiring dengan pertumbuhan tanaman.

Selang Plastik Irigasi

Penggunaan Irigasi Tetes di kalangan petani masih minimal, karena biaya instalasi yang mahal, tetapi hal ini dapat diatasi dengan mengganti komponen sistem irigasi yang mahal menggunakan komponen yang sederhana tetapi dengan fungsi yang sama sehingga petani tetap bisa menggunakan sistem irigasi tetes dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Inovasi teknologi jaringan irigasi tetes di tingkat petani perlu dilakukan sehingga keuntungan yang didapatkan dalam irigasi tetes (penggunaan air efisien dan mempermudah pemberian air) dapat
diraih dengan biaya investasi yang terjangkau.

Komponen yang dibutuhkan untuk Irigasi Tetes  Tanaman Cabai antaral lain:

  1. Bak Penampung: Bak penampung berguna sebagai tempat tampungan air yang terbuat dari bahan plastik. Bak penampung ini diletakkan pada ketinggian kurang lebih 2,5 m, sehingga mendapatkan tekanan yang cukup. Tekanan ini akan mengeluarkan debit tetesan yang cukup.

Selang Drip Irigasi dengan Tandon Air

  1. Saluran Primer: Saluran primer adalah saluran penghubung antara bak penampung dengan saluran sekunder.
  2. Saluran Sekunder: Saluran Sekunder adalah saluran yang dipasang untuk mengalirkan air dari Saluran Primer ke saluran Selang Irigasi Tetes.
  3. Saluran Selang Plastik Irigasi Tetes: Selang Plastik Irigasi Tetes merupakan
    saluran yang dipasangkan untuk mengalirkan
    air dari saluran sekunder menuju penetes. Saluran ini terbuat dari Selang Plastik yang berdiameter 0,75 inch atau 4 Centimeter. Pengecilan secara bertingkat ini dimaksudkan agar dapat meningkatkan tekanan air yang
    mengalir Lubang Selang Plastik Irigasi Tetes.

Saluran Primer dan Saluran Sekunder, bahan nya dari Pipa Pralon PVC tetapi dapat di modifikasi dengan menggunakan Selang Plastik yang di klem ke Pralon untuk jalur yang lurus dan horizontal.

Untuk Kebutuhan Selang Plastik dan Selang Plastik Irigasi Tetes Tanaman Cabai, gunakan Produk yang mempunyai Kualitas Baik, Kuat, Ulet dan Tahan Lama. Selang Plasti Tic Tas, Selalu Utamakan Mutu, Sejak 1982.

Hubungi:

Bapak Adi Wijaya.

>>> WA: 0888-5672-168 <<<

Bagikan ini :